Senin, 10 Januari 2011

Supermarket di bawah pengawasan: Kompetisi kelambanan Kebijakan?

Industri Latar Belakang

Asal industri supermarket Inggris tanggal kembali ke 1850-an. Sekitar 40 tahun di beberapa toko makanan kemudian menyumbang sekitar 50,0 persen dari semua toko berganda. Pertumbuhan mereka sebagian dapat dijelaskan melalui peningkatan kecanggihan dalam memasarkan diri dan produk mereka melalui menampilkan visual yang mengesankan, juga pengembangan merek nasional dan iklan langsung kepada konsumen.

Peluncuran toko rantai besar di Inggris diikuti dengan cepat pada tumit kemajuan AS sebelumnya. Dalam contoh pertama hasil merger antara perusahaan grosir dan Rumah dan Kolonial Toko di tahun 1920 menyebabkan lebih dari 3.000 cabang. Setelah apa yang terbukti menjadi sementara memperlambat pertumbuhan cepat selama Perang Dunia II industri supermarket remerged dengan penambahan baru swalayan dan penemuan skala ekonomi.

Pada tahun 2000 jumlah supermarket telah berkembang pesat dari ratusan rendah di tahun 1950 menjadi 4.500 pada 7144 oleh 1998/99. Bentuk industri juga telah berubah melalui perubahan bertahap dari pasar yang didefinisikan oleh dominasi lokal [oleh beberapa] ke dominasi nasional [oleh beberapa]. Pada 1998/99 pangsa pasar empat supermarket atas adalah 71,3 persen dan 79,8 persen selama lima supermarket atas. Menggunakan ukuran lain konsentrasi pasar, indeks Herfindahl-Hirschman (HHI), nilainya adalah 1506, sedangkan HHI tertimbang adalah 1.804.

4. Kenaikan pangsa pasar plc Tesco untuk 24,6 persen pada 1998-1999 adalah signifikan. Naiknya cepat dari Tesco dibantu oleh keberhasilan peluncuran kartu kesetiaan yang memungkinkan kampanye pemasaran yang berhasil disesuaikan dengan selera pelanggan dan preferensi. Supermarket lain mengikuti inisiatif ini dan kartu loyalitas sekarang fitur umum. Semakin rentang produk didorong oleh pilihan konsumen yang kemudian dibedakan dengan pendapatan, sehingga produk ditujukan berpenghasilan rendah, menengah dan akhir anggaran tinggi. Misalnya kisaran tingkat penghasilan rendah Tesco adalah "nilai", dan high end adalah "Terbaik"; setara Sainsbury adalah "ekonomi" dan high end adalah "cita rasa yang berbeda".

5. Supermarket yang dominan, yang selain Tesco, termasuk Sainsbury, Safeway, Morrison dan Asda berada dalam posisi untuk kekuasaan yang signifikan dalam pembelian barang dan jasa. Namun ada, persepsi konsumen umum, diperoleh melalui perjalanan meningkat dan akses ke statistik komparatif, bahwa mereka tidak bernasib cukup serta supermarket.

Intervensi Regulasi

6. Pada tahun 1999 Komisi Persaingan (CC) salah satu dari tiga penegak Inggris kompetisi, melakukan suatu penelitian dari sektor supermarket Inggris. Ini atas dorongan dari Office of Fair Trading (OFT), yang pada gilirannya diminta oleh keprihatinan vokal meningkatnya beberapa kelompok pemangku kepentingan: konsumen, masyarakat dan pemasok kecil.
Awalnya penyelidikan ini dijadwalkan selama satu tahun tetapi kemudian diperpanjang selama tiga bulan lebih lanjut sebagai lingkup penyelidikan tumbuh.

7. Penelitian difokuskan pada supermarket didefinisikan sebagai "dengan 600 meter persegi atau lebih luas kelontong penjualan, di mana ruang dikhususkan untuk penjualan ritel makanan dan minuman non-alkohol melebihi 300 meter persegi dan yang dikendalikan oleh orang yang mengendalikan sepuluh atau lebih toko tersebut. "Selain itu, bahan makanan" termasuk makanan dan minuman, produk pembersih, peralatan mandi dan barang rumah tangga "Penyelidikan difokuskan pada praktik penentuan harga, hubungan pembeli-pemasok, profitabilitas, kesejahteraan konsumen dan isu-isu lingkungan..

8. CC luas Temuan itu: sebuah penurunan keseluruhan dalam harga riil makanan Inggris sebesar 9,4 persen selama periode 1989-1998; Inggris harga yang rata-rata 12 sampai 16 persen lebih tinggi dari yang di Perancis, Jerman dan Belanda; pengurangan Biaya di gerbang-pertanian terutama dalam kaitannya dengan ternak yang baik telah melewati harga eceran atau telah terjadi kenaikan biaya pada tahap lain dari rantai pasokan; profitabilitas industri keseluruhan telah melambat di pasca-1996 dan secara luas sejalan dengan yang lain negara perbandingan; tingkat tinggi menunjukkan kepuasan konsumen dan yang mengubah pedoman perencanaan telah membatasi peluang untuk ritel kelontong berganda untuk mendapatkan keluar besar dari lokasi kota.

9. Temuan CC seperti yang khusus berkaitan dengan penetapan harga adalah sebagai berikut: Dengan pengecualian dari Marks and Spencer dan Lidl, ada bukti bahwa pihak-pihak utama yang tersisa terlibat dalam terus-menerus menjual beberapa item yang sering dibeli di bawah biaya; variasi harga geografis juga pada bukti yang tidak biaya terkait tetapi dikejar dalam menanggapi kondisi persaingan lokal; Asda, Booth, Budgens, Co-ops, Sainsbury, Somerfield, Waitrose, Safeway dan Tesco terfokus harga yang kompetitif rezim hanya pada sebagian kecil dari lini produk mereka sementara menolak yang serupa pendekatan strategis pada mayoritas lini produk mereka.

10. Menanggapi temuan tersebut CC dianggap berbagai solusi yang mungkin untuk menyertakan: larangan menjual di bawah biaya persisten; dengan pengenaan harga nasional untuk mencegah harga-meregangkan. Pada akhirnya, tidak ada obat tertentu tetapi sebuah kode praktek yang dianggap jawaban yang paling sesuai dengan 27 praktek-praktek yang diidentifikasi yang dianggap mempengaruhi daya saing beberapa pemasok dan yang beroperasi bertentangan dengan kepentingan publik.

Supermarket Kode Tata Laku

11. Sebuah kode non-sukarela praktek direkomendasikan oleh CC yang secara otomatis akan berlaku untuk beberapa memiliki setidaknya 8 persen saham pembelian grosir dari pasar mereka. Entitas yang diidentifikasi akan diperlukan untuk memberikan usaha yang memenuhi Kode praktek dan ditangani keprihatinan yang diangkat oleh responden yang telah memberikan kontribusi terhadap penyelidikan. Kode itu harus disusun oleh pengecer dan perwakilan dari pemasok dan disetujui oleh Direktur Jenderal Fair Trading.



12. Kode itu sebagaimana mestinya dirancang dan Tesco, Sainsbury, Asda Safeway dan masing-masing setuju untuk mematuhi Kode. Morrison Supermarket kemudian dimasukkan dalam kelompok ini menyusul akuisisi Safeway. Kode mulai berlaku sejak tanggal 17 Maret 2002 dan diterapkan pada kontrak dengan pemasok langsung dibuat pada atau setelah tanggal 1 November 2001 dan
meliputi berbagai item seperti ketersediaan persyaratan tertulis dari bisnis, promosi dan penyelesaian sengketa.

13. Peninjauan Kode pada bulan Februari 2004 oleh OFT mengidentifikasi sejumlah kekhawatiran yang tersisa yang menyarankan Kode tidak bekerja efektif. Secara khusus itu dilihat sebagai terlalu lemah dan undang-undang sepadan terlalu samar. Respon supermarket adalah ".. mereka berkomitmen untuk Kode dan bahwa hubungan dengan pemasok mereka umumnya baik. Mereka juga berkomentar Namun, bahwa praktek mereka tidak berubah secara signifikan sejak diperkenalkannya "Kode.

14. Seperti kondisi gagal untuk memperbaiki dan ada bukti pemasangan disparitas berkembang dalam pangsa pasar dan kematian terus toko-toko spesialis kampanye serupa dengan yang memprakarsai penyelidikan sebelumnya mencapai puncaknya. Tumbuh dominasi oleh "empat besar" dan munculnya "Tesco Kota" memicu panggilan untuk supermarket penyelidikan lebih lanjut.

Negara kini Industri Supermarket

15. Inggris supermarket industri tahun 2006 agak berbeda dari 2000. Ada penarikan terkenal dari Safeway dari industri berikut akuisisi oleh Supermarket Morrison. Berubah adalah struktur industri yang sangat terkonsentrasi sehingga pada tahun 2006 pangsa pasar empat supermarket berdiri di atas 74,7 persen. Tesco tetap menjadi pemimpin pasar pengendalian diperkirakan 30,5 persen dari total pasar dan mengambil £ diperkirakan 1 dari setiap 3 £ dibelanjakan untuk makanan. Pada awal tahun 2007 pasar diperkirakan senilai £ 123.000.000.000 dan relatif terhadap 2000, penjualan supermarket meningkat 26 persen per penjualan sementara dari toko-toko khusus seperti grosir hijau dan tukang daging hanya meningkat satu persen. Selain itu, sedangkan jumlah supermarket yang dioperasikan oleh Asda, Morrisons, Sainsbury's dan Tesco dua kali lipat jumlah toko spesialis turun dari 40.351 di tahun 2000 menjadi 37.521 di tahun 2005.

16. Sebuah penyelidikan yang dilakukan oleh Channel 4 Dispatches ke supermarket dari 15.000 sq ft atau lebih (one-stop toko) mengidentifikasi Tesco sebagai yang terbesar di 21 daerah di mana operator tunggal sudah 40 persen atau lebih dari ruang toko yang ada satu-stop shopping. Sainsbury dicatat 6 daerah tersebut dan Asda dalam satu. Selain itu, situs Tesco dikendalikan yang akan memungkinkan untuk membangun sebanyak semua pesaingnya disatukan Asda sementara menyumbang sekitar 25 persen ruang baru dan Sainsbury dan Morrison masing-masing menyumbang kurang dari 10 persen.

17. Sebuah laporan yang diterbitkan oleh Friends of the Earth berdasarkan 200 sengketa perencanaan di seluruh negara diidentifikasi supermarket kuat sebagai mengerahkan tekanan besar pada dewan lokal ke menerima aplikasi supermarket perencanaan. Di supermarket khusus mengabaikan sistem perencanaan dalam mendorong ke depan dengan perkembangan dan melewati sistem perencanaan dengan menandatangani perjanjian hukum yang terpisah dengan dewan.


Komisi Persaingan Temuan Awal

18. CC diharapkan untuk menerbitkan laporan draft di musim panas dengan laporan akhir bulan November 2007. CC diidentifikasi fokus pada pembeli dan pemeriksaan pilihan di daerah-daerah tertentu di samping pertimbangan tentang bagaimana persaingan kerja antara pengecer ukuran yang berbeda.

19. Ada kesadaran tumbuh "tanah-bank"yang diselenggarakan oleh para pengecer. Gema laporan sentimen penyelidikan 2000 sebelumnya ".. sistem perencanaan ini tidak dirancang untuk menjaga persaingan dan pilihan konsumen di beberapa toko ritel ... .. maka kami merekomendasikan sistem baru persetujuan yang dirancang untuk mengatasi masalah ini ... kita mengakui bahwa hal itu tidak akan berlaku tanpa undang-undang yang sesuai. "

20. Bukti Laporan mengidentifikasi praktek-praktek pemotongan harga agresif yang bisa diharapkan dari aktivitas operasi dalam lingkungan yang kompetitif. Respon pasar saham adalah kenaikan harga saham Tesco dengan 2 ½ p untuk 416 ¼ hal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar